Pilihan Perawatan berdasarkan Tahap

Stadium I Adrenocortical Carcinoma

Perawatan karsinoma adrenokortikal stadium I dapat meliputi hal-hal berikut:

    Pembedahan (adrenalektomi). Kelenjar getah bening di dekatnya juga dapat dihapus jika mereka lebih besar dari biasanya.
    Percobaan klinis dari pengobatan baru.

Stadium II Karsinoma Adrenokortikal

Perawatan karsinoma adrenokortikal tahap II dapat mencakup hal-hal berikut:

    Pembedahan (adrenalektomi). Kelenjar getah bening di dekatnya juga dapat dihapus jika mereka lebih besar dari biasanya.
    Percobaan klinis dari pengobatan baru.

Stadium III Karsinoma Adrenokortikal

Perawatan karsinoma adrenocortical stadium III dapat mencakup hal-hal berikut:

    Pembedahan (adrenalektomi). Kelenjar getah bening di dekatnya juga dapat dihapus jika mereka lebih besar dari biasanya.
    Percobaan klinis dari pengobatan baru.

Stadium IV Karsinoma Adrenokortikal

Perawatan karsinoma adrenokortikal stadium IV mungkin termasuk yang berikut sebagai terapi paliatif untuk meredakan gejala dan meningkatkan kualitas hidup:

    Kemoterapi atau kemoterapi kombinasi.
    Terapi radiasi ke tulang atau situs lain di mana kanker telah menyebar.
    Operasi untuk mengangkat kanker yang telah menyebar ke jaringan di dekat korteks adrenal.
    Percobaan klinis kemoterapi, terapi biologis, atau terapi yang ditargetkan..

Berbagai jenis perawatan tersedia untuk pasien dengan karsinoma adrenokortikal. Beberapa perawatan adalah standar (perawatan yang digunakan saat ini), dan beberapa sedang diuji dalam uji klinis. Uji klinis pengobatan adalah penelitian yang dimaksudkan untuk membantu meningkatkan perawatan saat ini atau memperoleh informasi tentang perawatan baru untuk pasien dengan kanker. Ketika uji klinis menunjukkan bahwa pengobatan baru lebih baik daripada pengobatan standar, pengobatan baru dapat menjadi pengobatan standar. Pasien mungkin ingin berpikir tentang mengambil bagian dalam uji klinis. Beberapa uji klinis hanya terbuka untuk pasien yang belum memulai pengobatan.

Tiga jenis perawatan standar digunakan:

Operasi

Pembedahan untuk mengangkat kelenjar adrenal (adrenalektomi) sering digunakan untuk mengobati karsinoma adrenokortikal. Kadang-kadang operasi dilakukan untuk mengangkat kelenjar getah bening di dekatnya dan jaringan lain di mana kanker telah menyebar.

Terapi radiasi

Terapi radiasi adalah pengobatan kanker yang menggunakan sinar-X berenergi tinggi atau jenis radiasi lain untuk membunuh sel-sel kanker atau mencegahnya tumbuh. Ada dua jenis terapi radiasi:

    Terapi radiasi eksternal menggunakan mesin di luar tubuh untuk mengirim radiasi ke arah kanker.
    Terapi radiasi internal menggunakan zat radioaktif yang disegel di jarum, biji, kabel, atau kateter yang ditempatkan langsung ke dalam atau di dekat kanker.

Cara terapi radiasi diberikan tergantung pada jenis dan stadium kanker yang dirawat. Terapi radiasi eksternal digunakan untuk mengobati karsinoma adrenokortikal.

Kemoterapi

Kemoterapi adalah pengobatan kanker yang menggunakan obat-obatan untuk menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker, baik dengan membunuh sel-sel atau dengan menghentikannya dari pembelahan. Ketika kemoterapi diambil melalui mulut atau disuntikkan ke pembuluh darah atau otot, obat-obatan memasuki aliran darah dan dapat mencapai sel-sel kanker di seluruh tubuh (kemoterapi sistemik). Ketika kemoterapi ditempatkan langsung ke dalam cairan serebrospinal, organ, atau rongga tubuh seperti perut, obat-obatan terutama mempengaruhi sel-sel kanker di daerah-daerah (kemoterapi regional). Kemoterapi kombinasi adalah pengobatan menggunakan lebih dari satu obat antikanker. Cara kemoterapi diberikan tergantung pada jenis dan stadium kanker yang dirawat.

No comments:

Post a Comment