Karsinoma Adrenokortikal

    Karsinoma adrenocortical adalah penyakit langka di mana sel-sel ganas (kanker) terbentuk di lapisan luar kelenjar adrenal.
    Memiliki kondisi genetik tertentu meningkatkan risiko karsinoma adrenokortikal.
    Gejala karsinoma adrenocortical termasuk rasa sakit di perut.
    Studi pencitraan dan tes yang memeriksa darah dan urin digunakan untuk mendeteksi (menemukan) dan mendiagnosis karsinoma adrenocortical.
    Faktor-faktor tertentu mempengaruhi prognosis (kemungkinan pemulihan) dan pilihan pengobatan.

Karsinoma adrenocortical adalah penyakit langka di mana sel-sel ganas (kanker) terbentuk di lapisan luar kelenjar adrenal.

Ada dua kelenjar adrenal. Kelenjar adrenal berukuran kecil dan berbentuk seperti segitiga. Satu kelenjar adrenal duduk di atas masing-masing ginjal. Setiap kelenjar adrenal memiliki dua bagian. Lapisan luar kelenjar adrenal adalah korteks adrenal. Pusat kelenjar adrenal adalah medulla adrenal.

Korteks adrenal membuat hormon penting yang:

    Seimbangkan air dan garam di dalam tubuh.
    Membantu menjaga tekanan darah normal.
    Bantu mengontrol penggunaan protein, lemak, dan karbohidrat tubuh.
    Menyebabkan tubuh memiliki karakteristik maskulin atau feminin.

Karsinoma adrenokortikal juga disebut kanker korteks adrenal. Tumor korteks adrenal mungkin berfungsi (membuat lebih banyak hormon daripada normal) atau tidak berfungsi (tidak membuat lebih banyak hormon daripada normal). Kebanyakan tumor adrenokortikal berfungsi. Hormon yang dibuat oleh tumor yang berfungsi dapat menyebabkan tanda-tanda atau gejala penyakit tertentu.

Medulla adrenal membuat hormon yang membantu tubuh bereaksi terhadap stres. Kanker yang terbentuk di medula adrenal disebut pheochromocytoma dan tidak dibahas dalam ringkasan ini.

Karsinoma adrenokortikal dan pheochromocytoma dapat terjadi pada orang dewasa dan anak-anak. Perawatan untuk anak-anak, bagaimanapun, berbeda dari perawatan untuk orang dewasa.

Memiliki kondisi genetik tertentu meningkatkan risiko karsinoma adrenokortikal.

Apa pun yang meningkatkan risiko Anda terkena penyakit disebut faktor risiko. Memiliki faktor risiko tidak berarti Anda akan terkena kanker; tidak memiliki faktor risiko tidak berarti Anda tidak akan terkena kanker. Bicarakan dengan dokter Anda jika Anda berpikir Anda mungkin berisiko.

Faktor risiko untuk karsinoma adrenocortical termasuk memiliki penyakit herediter berikut:

    Sindrom Li-Fraumeni.
    Sindrom Beckwith-Wiedemann.
    Carney kompleks.

No comments:

Post a Comment